6 Penyebab Hp Bootloop dan Cara mengatasinya Paling Ampuh

6 Penyabab Hp Bootloop dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh- hai sob sudah lama tidak bikin artikel dan kali ini saya akan memberi tahu kalian penyebab hp bootloop dan cara mengatasinya. Nah jika kalian pernah mengalami dimana ponsel kalian tidak bisa melakukan start up dan muncul logo merek ponsel kalian atau logo android kalian, itu bisa di bilang hp kalian mengalami bootloop. Dalam kendala seperti ini kalian tidak perlu bingung, kalian bisa baca tips dari saya di bawah ini.

Pengartian bootloop

Bootloop berasal dari dua kata yaitu "boot" dan "loop" jika di artikan "Boot" adalah suatu keadaan ponsel kalian menyala dengan sempurna. Kalau "Loop" Memiliki arti berulang. Bisa di katakan sistem hp bootoop adalah suatu keadaan dimana ponsel kalian tidak bisa start up dan tidak bisa masuk sistem dan akan berulang-ulang masuk dan gagal.

Faktor Penyebab Bootloop

1. Memodifikasi sistem ponsel

Memodifikasi hp dengan cara root sangatlah berbahaya bagi ponsel anda karena ini akan membuat hp kalian bootloop dan kegagalan sistem hp kalian. Kita para pengguna hp sudah di tetapkan sebagai pengguna, jadi ketika kalian sudah membeli hp itu sudah tinggal pakai saja jangan momodifikasi hp yang kalian beli, jika kalian memodifikasi hp kalian, saya sarankan kalian harus tahu bagai mana speksifikulasi hp kalian apakah itu mampu untuk di root atau tidak.

2. Kesalahan Flasshing Custom ROM

Flassing custom ROM Bisa juga menyebabkan hp kalian mengalami bootloop. Karena penginstalan ROM ulang dapat menyababkan hal fatal dalam ponsel kalian. Jika kalian mengalami kegagalan dimana Delvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun sudah di gunakan oleh sistem baru. Pada akhirnya ponsel kalian akan mengalami bootloop.

3. Salah Mengatur permission

Permission yaitu hak akses yang dimiliki suatu aplikasi yang dapat mengakses informasi dari ponsel kalian. Android memiliki beberapa informasi personal seperti Koleksi foto galeri, kontak, lokasi. Jika kita melakukan kesalahan pada data permission itu akan menyebabkan ponsel kalian bootloop, jadi saya harap kalian berhati-hati dalam mengatur permission ponsel kalian.

4. Sering Melepas Batrai Ponsel 

 Menurut saya jika kalian terlalu sering melepas batrai ponsel, ini akan menyababkan kerusakan pada sistem dalam ponsel kalian. Apalagi kalian mencopot batrai ponsel kalian dengan keadaan ponsel menyala itu akan menyebabkan bootloop pada ponsel kalian. Kog bisa mas? Ya tentu bisa karena ini akan menyebabkan kekacauan pada hardwer ponsel kalian. Jadi saya sarankan untuk tidak terlalau sering melepas batrai ponsel kalian.

5. Overclock Pada Android

Karena sekarang teknologi sudah semakin canggih jadi banyak sekali android yang memiliki sistem kerja yang sama dengan leptop. Banyak juga pengeluaran hp baru yang canggih di zaman sekarang ini, yah karena ini akan memudahkan para penggunanya karena tidak perlu susah membawa leptop kemana-mana karena ponsel di zaman sekarang ini sudah memiliki kecanggihan seperti leptop/pc

Cepat atau lambatnya ponsel kalian itu mempengaruhi sistem pada android kalian. Jika prosesor andaroid kalian memiliki kemampuan 1 GHz dan anda menaikan prosesor pada android kalian menjadi 2GHz dengan alasan untuk mempercepat ponsel kalian, itu akan menyebabkan bootloop pada ponsel kalian.

6. Mengubah Script Pada Folder

Mungkin hal ini terlihat spele tetapi ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel anda. Bagi para pengguna ponsel yang biasanya di gunakan game itu pasti tidak asing dalam melakukan hal seperti ini. Mengubah script dengan aplikasi yang ada, bertujuan untuk segera menikmati game yang kalian sukai dan segera cepat memainkanya. Ingat bahwa langkah seprti itu akan membuat hp kalian bootloop.

Cara Mengatasi Hp Bootloop

1. Android Light Bootloop

Android Light Bootloop adalah salah satu masalah pada ponsel hp android tergolong ringan. Permasalahan tersebut biasanya di akibatkan bermain game, nonton video, menginstall aplikasi dan tiba-tiba saja terjadi restart atau reboot sendiri. Dan setelah menyala kembali ponsel kalian tidak bisa  masuk ke menu melaikan hanya muncul logo pada android kalian.

Jika kalian mengalami seprti hal tersebut kalian bisa mematikan hp kalian dan melepas batrai setelah itu pasang kembali dan nyalakan lagi, biasanya dengan cara itu ponsel android kalian bisa booting secara normal kembali. Karena masalah ini adalah masalah bootloop ringan jadi dengan cara itu bisa di gunakan.

2. Android Medium Bootloop

Untuk masalah ini tergolong bootloop tingkat menengah. Biasanya Bootloop seperti ini terjadi pada hp yang sering di otak-atik fitur-fitur android dan masuk sistem recovery. Memang keadaan sistem yang terlindungi jika di otak-atik akan menjadi bootloop.

Cara mengatasi Bootlop tingkat menengah ini kalian membutuhkan leptop/pc sebagai media untuk mem-backup data recorvery image dan file recorvery CWM atau aslinya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kalian sudah pernah mem-backup ROM pada hp tersebut. Jika kalian beum pernah mencoba hal tersebuat kalian bisa mencari  data recorvery di google dengan data yang sama pada ponsel kalian, sebab jika data tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.

3. Android Hard Bootloop

Android Hard Bootloop biasa terjadi ketika aktivitas kita mengganti Stock ROM berbeda, denagan melakukan hal seperti itu bisa memicu Hp Android kalian bootloop dan ciri-ciri Hal tersebut ketika menyalakan hp tersebut tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di gunakan apa-apa atau macet total

Karena kasus kerusakan ini tergolong sangat parah. Maka Cara mengatasinya menggunakan Leptop/Pc. Kalian bisa melakukan Flassing ROM(firmware). Akan tetapi cara tersebut memiliki berbeda-beda cara, tergantung versi hp android kalian

Kurang lebih begitu lah Penyebab hp Bootloop dan cara mengatasinya. Dan kali ini saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat bagi kalian semua yang memiliki hp bootloop semoga berhasil untuk mencobanya

0 Response to "6 Penyebab Hp Bootloop dan Cara mengatasinya Paling Ampuh"

Post a Comment